lkpd-tematik-sd
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)
Kelas/Semester = 3
(Tiga)/ Ganjil
Tahun Ajaran = 2020/2021
Tema 2 = Menyayangi Tumbuhan & Hewan
Sub Tema 2 = Manfaat Tumbuhan bagi Kehidupan Manusia
Pertemuan = 1
(Pertama)
FOKUS PEMBELAJARAN
a) Bahasa
Indonesia (KD. 3.8/ 4.8)
· KD 3.8 = Menguraikan pesan
dalam dongeng yang disajikan secara lisan, tulis, dan visual dengan tujuan
untuk kesenangan
· KD 4.8 = Memeragakan pesan
dalam dongeng sebagai bentuk ungkapan diri menggunakan kosa kata baku dan
kalimat efektif
b) Matematika
(KD 3.1/4.1)
· KD 3.1 = Menjelaskan
sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah
· KD 4.1 = Menyelesaikan
masalah yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan
cacah
c) SBdP
(KD 3.3/4.3)
· KD 3.3 = Mengetahui
dinamika gerak tari.
· KD 4.3 = Memeragakan
dinamika gerak tari.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat membaca dongeng dengan lafal, intonasi, dan ekspresi
yang tepat
2.
Siswa dapat mengidentifikasi informasi isi dongeng yang didengar
dengan tepat
3.
Siswa dapat menemukan sifat pertukaran pada penjumlahan dengan
tepat
4. Siswa dapat menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan untuk
menyelesaikan masalah dengan tepat
5.
Siswa dapat mengidentifikasi gerak cepat tangan dalam suatu tari
dengan tepat
6.
Siswa dapat memeragakan gerak cepat tangan dalam suatu tari
dengan tepat
RINGKASAN MATERI
- Menceritakan kembali isi dongeng
- Sifat pertukaran pada penjumlahan
- Gerak cepat tangan dalam suatu tari
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Dengan
bimbingan orang tua/wali
1.
Peserta
didik menyiapkan buku pegangan, LKPD, alat tulis dan bahan pendukung lainnya
2.
Sebelum
memulai kegiatan belajar, peserta didik melakukan kegiatan cuci tangan pakai
sabun, menggunakan masker dan berdoa
3.
Siswa membaca teks dongeng “Ayam Jago Baru” (halaman 54 s/d 56)
4.
Siswa dan orang tua/wali mendiskusikan kata-kata yang belum
dipahami siswa
5.
Siswa mengerjakan teka teki silang yang tersedia pada buku siswa
berdasarkan isi dongeng “Ayam Jago Baru” (halaman 58)
6.
Orang tua/wali memberikan panduan kepada siswa tentang cara
mengerjakan teka teki silang
7.
Siswa menyimak penjelasan orang tua/wali tentang sifat
pertukaran pada perkalian (halaman 59)
8.
Siswa
dan orang tua/wali mendiskusikan tentang gerakan macam-macam binatang. Ada
binatang yang berjalan, melompat, terbang, dan lain-lain. Bermacam-macam
gerakan binatang bisa menjadi sumber ide untuk menciptakan gerakan tarian.
Misalnya, ada tari merak, tari kupu-kupu, dan tari kuda lumping.
9.
Guru
mencontohkan gerakan ayam sebagai berikut.
1. Berdiri tegak.
2. Tekukkan kedua siku di samping badan.
3. Gerakkan siku yang ditekuk ke atas dan ke
bawah dengan perlahan.
4.
Gerakkan ke atas dan ke bawah makin lama makin cepat.
10.
Siswa
menirukan gerakan yang dicontohkan guru.
11.
Setelah
selesai belajar maka jangan lupa untuk mencuci tangan kembali dan berdoa
TUGAS/
PENILAIAN
0 Response to "lkpd-tematik-sd"
Post a Comment